Orang Pada Dasarnya Pemalas

11 May

Pernyataan ini salah pada dua level. Semua orang pada dasarnya tidak malas dan “kemalasan” lebih merupakan fungsi dari situasi bukannya karakteristik individu yang melekat. Jika pernyataan ini dimaksudkan untuk menjelaskan bahwa semua orang pada dasarnya malas, bukti-bukti ini begitu kuat mengindikasikan sebaliknya. Kini banyak orang mengalami masalah yang sebaliknya. Mereka terlalu sibuk terlalu banyak pekerjaan dan terlalu banyak kegiatan. Apakah itu akibat terdorong oleh kondisi internal atau eksternal, yang pasti mereka tidak bisa dikatakan malas.

Para manajer seringkali menarik kesimpulan bahwa para pekerja malas hanya karena melihat beberapa orang dari pekerjaannya memang kelihatan malas di tempat kerja. Namun para pekerja yang dibilang malas itu seringkali sangat rajin di satu atau lebih pekerjaan lain dalam organisasi itu.

Sayangnya bagi atasan, pekerjaan karyawan seringkali dinilai rendah menurut kemampuan pekerjaan itu memuaskan kebutuhan manusia. Makanya, pekerja yang sama yang menghindari tanggung jawab pada pekerjaan tertentu bisa jadi bekerja secara obsesif jika dipekerjakan untuk memperbaiki mobil antik, merawat taman yang pernah mendapat penghargaan, menyempurnakan kemampuan bling mereka, atau menjual produk Amway pada akhir pekan. Sangat sedikit orang yang selamanya bersifat malas. Mereka hanya tidak menikmati pekerjaan yang tidak mereka sukai. Dan karena tidak semua prang menganggap pekerjaan sebai hal yang penting, maka mereka terlihat malas.

Dikutip dari : Stephen P Robbins; Organizational Behaviour.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

calendar

var cutekiWidget=1; var cutekiLeng="en"
%d bloggers like this: